Danau Ranupane Sudah Bersih

26 02 2013

Setelah cukup lama berwarna kehijauan karena tertutup blooming Salvinea natans (sejenis tanaman paku air), akhirnya danau Ranupani sudah bersih dari tanaman tersebut. Apa yang membuatnya kembali bersih mekipun sudah banyak pihak, dari kaum intelegensia hingga komunitas pecinta alam, yang berusaha merestorasi danau ini? Ternyata adalah semangat penduduk desa yang setiap hari mengambili paku air tersebut, melawan dinginnya air danau yang seperti es. Keindahan danau yang sebelumnya tertutupi telah berangsur-angsur kembali.

Sebagian Danau Tertutup Salvinea natans

Danau yang sebagian tertutupi

DSC01738 DSC01732 DSC01617

Usaha warga desa merestorasi danau

DSC01392

Danau Ranupani sekarang

Sedikit informasi tentang Salvinea natans:

Salvinea natans termasuk tanaman paku akuatik (hidup di air). Tanaman ini dapat ditemukan hampir di seluruh dunia, terutama di bagian yang memiliki perairan tawar (danau), sinar matahari, dan udara yang lembab. Kebanyakan tanaman ini sering dijumpai di Afrika, Asia, Eropa tengah dan Amerika Selatan.

S. natans memiliki morfologi berupa 2 daun yang sejajar dan membentuk seperti sayap kupu-kupu (sehingga disebut Butterfly fern) di atas permukaan air dan bagian lainnya terendam di bawah permukaan air. Bagian yang terendam tersebut berfungsi sebagai akar. Tanaman ini dapat mengambang disebabkan oleh kantong-kantong udara kecil yang ada di daun. Papila kutikular yang berada di permukaan dapat mencegah air masuk terlalu banyak ke dalam tanaman dan juga berfungsi untuk reproduksi. Tanaman ini bereproduksi dengan spora.

800px-Salvinia_natans_01


Salvinea natans

S. natans dapat menghalangi sinar matahari untuk masuk ke dalam air. Efek positifnya adalah untuk hewan-hewan air seperti ikan air tawar mendapatkan tempat berkembang biak yang tersembunyi. Namun, dengan terhambatnya sinar matahari untuk masuk ke dalam air, maka akan menghambat proses fotosintesis tanaman air yang berada di bawah permukaan air. Bila terjadi booming, tanaman ini dapat menutupi seluruh badan kolam atau danau dengan sangat cepat, sehingga dapat mematikan spesies tanaman air lainnya.

 

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: