Rute Menuju Ranupani

7 09 2011

Lokasi di timur kota Malang. Setelah melewati Tempat Rekreasi Wendit, menemui pertigaan, kekiri ke Bandara Abdul Rahman Saleh, ambil lurus saja. Sampai diperempatan, ada penunjuk jalan ke kanan dan ke kirinya (Tumpang 3Km). Jalan aspal mulus tapi sempit. Lama kelamaan jalan menanjak di kanan kiri perkebunan. Nanjak terus dan sampai di Gubugklakah. Hawa yang tanpa mendung sudah dingin menjadi semakin dingin.  Pemukiman lumayan padat penduduknya. Perjalanan nanjak terus, dan sampai di Rest Area Poncokusumo, berupa tempat parkir yang luas, di sana tampak perkebunan Apel, Setelah melewati perkebunan jalan tidak beraspal lagi, tetapi beton ada yang rusak beberapa bagian. Itu sudah di dalam hutan dengan hawa yang sejuk dan suasana sepi.

Beberapa kilo kemudian ada kumpulan warung, ternyata tempat parkir pengunjung Coban Pelangi. Coban Pelangi sangat indah. Ada Baliho/gapura masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Perjalan melewati lagi objek wisata namanya Coban Trisula, Sampai di Tugu Desa Ngadas, Setelah 2 km dari Ngadas, ketemu pertigaan pertama, belok kiri ke Kandangan dan belok kanan ketemu pertigaan lagi, ambil belok kanan. Ketemu pertigaan ke dua inilah Jemplang, ada 2 pos untuk istirahat. Belok kiri ke Bromo belok kanan ke Ranupani. Jalan menanjak kembali dan menurun. Beberapa bagian juga rusak parah dan digenangi air. Sebelah kiri, pemandangan yang sangat indah, sepertinya bukit Teletubbies, hamparan bukit rumput hijau. Berhasil melewati kubangan, saya naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan itu, itu kompleks lautan pasir Gunung Bromo.